Friday, May 31, 2019

Jenis Kabel Yang Digunakan Di Perumahan

Kabel listrik merupakan sarana untuk menyalurkan energi listrik. Kabel listrik terdiri dari konduktor dan isolator. Untuk konduktor aluminium atau tembaga, sedangkan untuk isolasi thermosetting atau bahan termoplastik. Kemampuan untuk melakukan kabel listrik ditentukan oleh CRC, juga dikenal sebagai konduktivitas nama saat itu. Konduktivitas saat ini ditentukan oleh permukaan tangki konduktif dalam kabel listrik. Untuk ketentuan mengenai CRC, kabel listrik didefinisikan dalam standar spesifikasi PLN (SPLN).

Berdasarkan tegangan, kabel listrik terdiri dari tiga kategori, kabel listrik yaitu rendah, sedang dan tegangan tinggi. Kabel listrik ini juga memiliki tiga jenis, yaitu kabel NYA, NYM dan NYY sering digunakan untuk instalasi perumahan. Sebelum memasang listrik, pengguna harus tahu terlebih dahulu apa jenis kabel cocok untuk digunakan di perumahan.




A. kabel Its. kabel ini adalah jenis kabel listrik unipolar, seperti isolator listrik adalah PVC. kabel HIS adalah jenis kabel yang paling banyak diinstal untuk instalasi listrik dalam negeri. Lapisan isolasi kabel NYA hanya memiliki satu lapisan, yang membuatnya mudah dideformasi dengan mudah digigit tikus dan tidak tahan air. Jadi untuk amannya, jika Anda memilih untuk menggunakan kabel NYA, Anda harus menginstal pipa atau saluran pipa PVC atau saluran tertutup sehingga tidak mudah rusak oleh gigitan tikus. Jika isolasi https://jualkabel.net  karena mengupas itu bisa berbahaya. Jenis NYA kabel dianjurkan dan sangat baik digunakan sebagai instalasi permanen di papan distribusi atau sebagai konektor di panel. Meskipun NY cenderung mengelupas kabel, ia memiliki isolasi panas plastik tahan, dirancang untuk diterapkan dalam lingkungan kering tapi tidak cocok untuk kondisi basah.

Dua. kabel NYM. Kabel listrik ini memiliki beberapa konduktor, umumnya antara 2 dan 4. jenis kabel NYM terdiri dari dua lapisan isolasi. Tingkat keamanan jauh lebih tinggi dari kabel HIS. Harga kabel listrik NYM adalah lebih tinggi dari kabel HIS. kabel NYM dapat digunakan untuk instalasi listrik di luar atau di dalam. kabel NYM juga dapat digunakan di daerah-daerah basah dan kering, tetapi tidak dapat digunakan untuk penanaman. Kabel ini direkomendasikan hanya untuk instalasi tetap di gedung-gedung, di mana lokasi mungkin di luar atau di dalam dinding atau di dalam pipa listrik bahkan dapat dipasang di sebuah ruangan lembab kering tetapi tidak dianjurkan untuk menginstal di luar rumah atau menanam langsung ke dalam tanah. .

Tiga. kabel NYY. Kabel ini memiliki ukuran yang lebih besar dan lapisan isolasi lebih kuat dan lebih tebal dibandingkan dengan jenis kabel NYM. Jadi apa kabel NYY sangat cocok untuk menanam di dinding atau di bawah permukaan lantai. Bahkan jika tahanan isolasi tinggi, perlindungan harus disediakan, seperti pipa PVC dilapisi saluran atau pipa besi, sehingga perlawanan maksimum. Dengan kualitas yang lebih kuat dari kabel NYM, harga kabel listrik NYY ini tentu saja agak mahal dibandingkan dengan kabel NYM. Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap di tanah dan dapat ditempatkan di dalam dan di luar dalam kondisi basah atau kering, tetapi harus memiliki perlindungan khusus seperti saluran, pipa PVC atau besi.

No comments:

Post a Comment